PENANGANAN LAPORAN PILEG 2014 PANWASLU KAB.HSU

Pemilu legeslatif tahun 2014, Panwaslu Kabupaten Hulu Sungai Utara menerima 3 (tiga) laporan terkait dugaan pelanggaran. Adapun laporan-laporan tersebut adalah sebagai berikut:
1. Laporan AJ tentang dugaan Pidana akibat hilangnya hak pilih dikarenakan partisan caleg tidak dapat mencoblos caleg yang bersangkutan diakibatkan tertukarnya surat suara di TPS 2 Kalintamui
2. Laporan AS tentang dugaan Pidana akibat hilangnya hak pilih dikarenakan partisan caleg tidak dapat mencoblos caleg yang bersangkutan diakibatkan tertukarnya surat suara TPS 4 Sungai Karias
3. Laporan AJ tentang dugaan Pidana akibat penggelembungan suara dikarenakan banyaknya surat suara di coblos di luar TPS 11 Sungai Malang (rumah warga)dan banyaknya pemilih yang mencoblos dibandingkan DPT.

Adapun sebagai bentuk pertanggung jawaban disampaikan hal-hal berikut :
1. Laporan sebagaimana point (1) dan (2) secara hukum gugur dikarenakan di TPS yang dimaksud dilakukan PSU
2. Laporan sebagaimana point (3) tidak terbukti dengan uraian hasil klarifikasi terhadap anggota KPPS dan saksi sebagai berikut:
a. Banyak suara berdasarkan DPT +2% DPT adalah 311 suarat suara. Saat Pencoblosan di TPS 11 Sungai Malang hanya tersedia 211 surat suara, karenanya melalui PPS diminta kekurangan suarat suara. Kekekurangan surat suara dimaksud diserahkan di luar TPS dengan maksud agar tidak menggangu proses pemungutan suara. Di saat itu kebetulan juga ada permintaan seorang warga yang ingin memilih (Anang), tetapi dikarenakan sakit tidak dapat datang ke TPS. Permintaan tersebut diakomodir oleh saksi oleh KPPS dengan persetujuan saksi dengan salah seoarang anggota KPPS diiringi seorang saksi membawa satu surat suara keluar dari TPS ke rumah warga dimaksud.
b. Keterangan komisioner KPUD HSU yang menyatakan bahwa di TPS 11 Sungai Malang memang telah terjadi kekurangan suarat suara dan saat diketahui segera ditindaklanjuti dengan mengirimkan kekurangan tersebut.
c. Hasil pengecekan terhadap form C1 di TPS 11 Sungai Malang diperokeh data: suara sah DPR RI = 234, surat sah DPD = 221, surat sah DPRD Provinsi = 242 dan surat sah DPRD Kab/Kota = 271.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s