RAMADHAN… PEMASANGAN SPANDUK DAN BALEHO CALON MAKIN MARAK DI KABUPATEN HSU.

spanduk-young-happyMenyongsong Pemilu Legislatif yang akan digelar April 2014 mendatang, tentunya para calon anggota legislatif yang akan bertarung di kancah politik tentunya melakukan berbagai cara untuk mempromosikan diri. Apalagi saat momen Ramadhan ini, sosialisasi para calon anggota legislatif makin marak dengan spanduk dan baleho  berukuran kecil hingga besar  yang banyak terpampang di sepanjang jalan-jalan di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Panwaslu Kabupaten Hulu Sungai Utara menyayangkan pemasangan spanduk dan baliho para caleg yang diusung sejumlah partai politik yang melanggar  PKPU Nomor 1 Tahun 2013 pasal 17 yang menegaskan bahwa alat peraga kampanye tidak ditempatkan pada tempat ibadah, rumah sakit atau tempat-tempat pelayanan kesehatan, gedung milik pemerintah, lembaga pendidikan (gedung dan sekolah), jalan-jalan protokol, dan jalan bebas hambatan. Bahkan ditemukan materi/isi dari spanduk dan baleho tersebut dinilai tidak mematuhi etika. Dari hasil temuan di lapangan, malah banyak juga ditemukan penyebaran pamlet tentang calon dengan hal serupa. Banyak calon yang sudah mencantumkan jati diri sebagai calon nomor sekian, padahal penetapan sebagai calon tetap (DCT) belum dilaksanakan. Berdasarkan PKPU no 6 tahun 2013, tentang tahapan dan jadwal pelaksanaan pemilu, pengumuman DCT tanggal 22 s,d 25 Agustus 201. Kompermasi yang dilakukan Panwaslu Kabupaten Hulu Sungai Utara ke Kantor Pelayanan Terpadu, pemasangan tersebut tanpa sepengetahuan mereka. Menurut salah seorang seorang staf di Kantor Pelayanan Terpadu Kab.Hulu sungai Utara, pemasangan spanduk dan baleho para calon tersebut semestinya sudah dikategorikan sebagai reklame yang dipungut pajak.

Menindak lanjuti hal di atas, Panwaslu Kabupaten Hulu Sungai Utara, telah menginstruksikan kepada Panwaslu Kecamatan agar mendata pemasangan spanduk dan baleho di kecamatan masing-masing dan melaporkan sesegeranya. Data tersebut nantinya akan dijadikan dasar sebagai surat teguran yang akan dilayangkan ke calon/partai bersangkutan dan rekomendasi kepada KPU Kabupaten Hulu Sungai Utara untuk menindaklanjuit sesuai aturan yang berlaku.

Catatan : Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti jalan protokol adalah jalan yg menjadi pusat keramaian lalu lintas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s