KONSULTASI PUBLIK PENYUSUNAN DAPIL DI KABUPATEN HSU

ImageBerdasarkan pemaparan Ketua KPU Kab HSU M.Noor pada kegiatan konsultasi publik untuk  penyusunan dapil Kabupaten HSU yang  bertempat di Ruang Rapat Gedung Arsip Lantai II pada tanggal 28 Pebruari 2013,  penyerahan DAK 2 dari KPU kepada  KPU Kab/Kota  dilakukan pada tanggal 06 Desember 2012 di Kabupaten Rantau. Jumlah DAK2 Kab/Kota yang diserahkan  10 Kecamatan dengan jumlah penduduk 261.570 orang.

Berdasarkan pengawasan Panwaslu Kab HSU, penyerahan DAK2 tersebut telah memenuhi ketepatan prosedur, khususnya terkait dengan ketepatan waktu penyerahan data kependudukan (DAK2), dalam hal ini tidak melebihi batas waktu (9 Desember 2012)  yang telah ditentukan dalam Peraturan KPU tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD. Penyerahan DAK2  juga telah  memenuhi keterbukaan prosedur dan informasi sebab dalam penyerahan disaksikan oleh banyak pemangku kepentingan, serta diliput oleh beberapa mendia cetak dan elektoronik.

Dalam pemaparan dijelaskan bahwa  KPU Kab HSU mengusulkan  4 daerah Pemilihan dan alokasi kursi dengan rincian sebagai berikut:

  1. Dapil 1 meliputi Kecamatan Amuntai Tengah dan Banjang dengan alokasi  kursi 9
  2. Dapil 2 meliputi Kecamatan Sungai Pandan dan Sungai Tabukan dengan alokasi kursi 5
  3. Dapil  3 meliputi Kecamatan Babirik, Danau Panggang dan Paminggir dengan alokasi kursi 7
  4. Dapil 4 meliputi Kecamatan Amuntai Selatan, Amuntai Utara  dan Haur Gading  dengan alokasi kursi 9

Daerah pemilihan pada pemilu 2014 tersebut di atas berbeda dengan dapil pemilu sebelumnya. Ada pertukaran daerah kecamatan di dapil 1 dan dapil 4. Jika pada pemilu sebelumnya Kecamatan Banjang berada di dapil 4, pada pemilu 2014 bertukar dengan Kecamatan Amuntai Selatan.  Adapun alasan dalam hal perubahan usulan daerah pemilihan dan alokasi kursi adalah pemenuhan terhadap beberapa prinsip penyusunan dapil, khususnya pada prinsip proporsionalitas, conterminous, kohesivitas dan prinsip integralitas wilayah.

Perlu diancungi jempol untuk KPU Kab HSU dalam kegiatan kontruksi publik ini berdasarkan pengawasan Panwaslu Kab HSU, yaitu:

  1. KPU Kab HSU telah memperhatikan masukan masukan Partai Politik dan masyarakat yang diwakili oleh beberapa pemangku kepentingan dalam penyusunan daerah pemilihan dan alokasi kursi.
  2. KPU kab HSU melakukan perlakuan yang sama pada setiap partai politik dalam penataan daerah pemilihan di setiap tingkatan.
  3. KPU kab HSU telah memberikan ruang dan akses bagi partai politik untuk memberikan tanggapan dan masukannya dalam hal penentuan jumlah dapil dan alokasi kursi, serta
  4. KPU Kab HSU sangat transparan kepada Panwaslu Kab HSU, bahkan KPU Kab HSU memberikan kesempatan kepada Panwaslu Kab HSU untuk memberikan masukan dan tanggapan terhadap usulan dapil dan alokasi kursi.

Satu catatan yang perlu diperhatikan oleh KPU Kab HSU…. Kasih dong salinan DAK2 nya pada kami.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s